Info CPNS | SNMPTN | Sertifikasi | Lowongan Kerja

Masa Orientasi Siswa (MOS) tanpa kekerasan ???

Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) tahun 2011, dijamin anti kekerasan??? Apa benar ya begitu....??

Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB)yang biasa kita kenal sejak kita memasuki siswa baru, baik di tingkat SMP ataupun SMA. Banyak orang yang takut sekali dengan yang namanya MOS, karena MOS sering sekali diibaratkan mmomentnya balas dendam para kakak kakak kelas kita yang dulu mengalami keadaan yng sama ketika mereka masih siswa baru.

Akan tetapi kali ini MOS akan berbeda, karena sudah tidak boleh lagi menggunakan istilah kekerasan disana,,atau istilah kerennya plonco-ploncoan..he...

MOS tahun ini lebih ditekankan pada penanaman pendidikan karakter dan nasionalisme, tidak ada tindakan kekerasan ataupun perpeloncoan lagi. Tindakan yang termasuk dalam kategori kekerasan, antara lain kekerasan fisik seperti memukul, mencaci maki, membentak dn lain sebagainya. Panitia MOS tidak memberikan tugas yang aneh-aneh dan tidak edukatif. Semua acara dan tugas yang diberikan kepada peserta, harus mengandung unsur edukatif dan terarah. Kalau misalnya siswa diminta membuat sapu lidi dengan ukuran tertentu, itu tidak termasuk tugas yang aneh karena mengandung pesan tentang kecermatan. Kalau siswa diminta disiplin itu juga bukan kekerasan.

Jadi sekarang sudah saatnya kita untuk saling menasehati dan saling berbagi pengalaman yang positif,,jangan balas dendam dijadikan ajang tiap tahunan dengan mengkambing hitamkan nama MOS....



@



1 comments - Skip ke Kotak Komentar

FANS mengatakan... Reply Comment

MOS memang bikin jengkel :D
Nice post gan.

Poskan Komentar - Kembali ke Konten

Masa Orientasi Siswa (MOS) tanpa kekerasan ???