Home » » 20 Universitas Terbaik Se Indonesia versi 4ICU 2012

20 Universitas Terbaik Se Indonesia versi 4ICU 2012

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengalami penurunan dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU). Sebelumnya ITS berada pada peringkat empat, sementara pada 2012 peringkatnya turun ke posisi delapan.

Bukan hanya ITS, sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang pada 2011 berjaya di peringkat 10 besar kini ikut pengalami penurunan. Di antaranya, Universitas Bina Nusantara (Binus) yang turun sejauh 14 peringkat dan menghuni urutan ke-22 pada pemeringkatan 4ICU 2012.

Hal berbeda terjadi pada Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Unair mengalami kenaikan cukup tajam dari peringkat 18 menjadi peringkat sembilan dalam 4ICU 2012. Sejumlah kampus Nusantara yang turun mengalami kenaikan yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Diponegoro, dan sebagainya.

Meski demikian, posisi tiga besar 4ICU se-Indonesia masih dihuni oleh kampus yang sama. Institut Teknologi Bandung (ITB) diposisi pertama, disusul Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di peringkat kedua dan ketiga.

4ICU merupakan mesin pencari pendidikan tinggi internasional yang mengulas akreditasi perguruan tinggi di dunia. Tercatat sedikitnya 12 ribu perguruan tinggi dari 200 negara telah direview oleh organisasi ini.

Perangkingan dilakukan dengan menggunakan metode algoritma dan didasarkan pada tiga mesin pencari independen seperti google page rank, yahoo inbound links dan alexa traffic rank. Berbeda dengan dengan penilaian webometrics yang dilakukan terhadap empat parameter utama, yakni size, visibility, rich files, dan scholar.

Organisasi 4ICU dibangun dengan tujuan membantu dosen dan mahasiswa internasional mencari secara spesifik informasi tentang popularitas sebuah universitas di sebuah negara.

Berikut peringkat 20 besar se-Indonesia versi 4ICU.
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
4. Universitas Gunadarma Depok
5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung
6. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang
7. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
9. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya
10. Institut Pertanian Bogor (IPB)
11. Universitas Sumatera Utara (USU)
12. Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung
13. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta
14. Universitas Brawijaya (UB) Malang
15. Universitas Mercu Buana Jakarta
16. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
17. Universitas Kristen Petra Surabaya
18. Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang
19. Universitas Surabaya (Ubaya)
20. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Secara lengkap, pemeringkatan seluruh perguruan tinggi di Indonesia periode 2012 dapat diakses melalui laman http://www.4icu.org/id/.
okezone
Itulah informasi artikel dari admin kampus-info yang bisa kami berikan pada anda semua. Semoga artikel 20 Universitas Terbaik Se Indonesia versi 4ICU 2012 bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan ke teman anda dengan cara share dibawah ini.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Info Terbaru

Entri Populer

Followers

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
Support : Sanha | Toko RPP | Info Kampus Indoneia
Copyright © 2013. Info Kampus Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger