Home » » Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2012/2013

Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2012/2013

Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2012/2013 : Berikut akan saya berikan sedikit info tentang Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2012/2013.

Universitas Indonesia menerima mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat melalui beberapa jalur masuk. Tahun 2012 jalur masuk yang ada adalah jalur Undangan dan jalur Ujian Tulis.

- Jalur Undangan dahulu dikenal sebagai PMDK dan di UI disebut PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar).

1. Jalur undangan untuk S1 Reguler adalah SNMPTN Undangan. Sejak TA 2011 PPKB S1 Reguler diintegrasikan dalam SNMPTN Undangan, sehingga peraturan pendaftaran mengikuti ketentuan SNMPTN Undangan.
2. jalur Undangan untuk Vokasi (D3) melalui PPKB Vokasi (D3)
3. jalur undangan S1 Paralel melalui PPKB S1 Paralel
4. jalur undangan S1 Kelas Internasional melalui Talentscouting.

Jalur Undangan merupakan seleksi prestasi akademik (raport) dan tanpa ujian tulis. Hanya sekolah yang mendapat undangan yang dapat merekomendasikan siswanya di jalur ini.

- Jalur Ujian tulis yakni SNMPTN Tulis dan SIMAK UI. Perbedaan SNMPTN Tulis dengan SIMAK UI adalah pihak penyelenggara dan pilihan program pendidikan. SNMPTN Tulis diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Program pendidikan yang dapat dipilih dalam SNMPTN Tulis hanya S1 Reguler. pendaftaran SNMPTN melalui website resmi SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id.

Sedangkan SIMAK UI diselenggarakan oleh UI dengan pilihan program pendidikan meliputi Vokasi (D3), S1 reguler, S1 paralel dan S1 Kelas Internasional. Peserta dapat memilih Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel sekaligus, hanya dengan 1x ujian. Sedangkan ujian S1 Kelas Internasional diselenggarakan terpisah, karena tes tulis menggunakan pengantar bahasa inggris. Pendaftaran SIMAK UI online di website http://penerimaan.ui.ac.id.

Program pendidikan Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas internasional menerima lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tanpa batasan usia ijasah. Sedangkan S1 Reguler hanya menerima lulusan SMA/SMK/MA /Sederajat maksimal 3 tahun terakhir (contoh: pendaftaran 2012 untuk lulusan SMA/Sederajat 2012, 2011, 2010). Persyaratan tambahan bagi pendaftar Kelas Internasional adalah memiliki TOEFL Institusional (ITP) min.500 atau iBT min.61 atau CBT min.173 atau IELTS min.5.5.

Biaya Pendidikan untuk S1 Reguler SNMPTN Undangan = S1 Reguler SNMPTN Tulis = S1 Reguler SIMAK. Cek biaya pendidikan S1 Reguler disini.
Bagi mahasiswa S1 Reguler terdapat Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan dan beasiswa uang pangkal, yakni biaya pendidikan dan uang pangkal disesuaikan dengan kemampuan orang tua/wali yang menanggung biaya pendidikan.

Perbedaan kelas Paralel sama Reguler, Kalau Reguler kita bisa mengajukan BOP Berkeadilan (biaya operasional pendidikan) lalu bisa juga mengajukan Beasiswa
dan biasanya masuk kuliahnya pagi bisa melalui SNMPTN dan SIMAK UI

Untuk kelas Paralel waktu kuliahnya pagi atau sore dan tidak bisa mengajukan Beasiswa

Kesamaannya, fasilitas dan kurikulum yg sama dan ijazah

Itulah tedi info tentang Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2012/2013. Semoga anda bisa diterima disana,,anda senang kamipun senang. Info lebih lanjut kunjungi situs resminya di http://www.ui.ac.id
Itulah informasi artikel dari admin kampus-info yang bisa kami berikan pada anda semua. Semoga artikel Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2012/2013 bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan ke teman anda dengan cara share dibawah ini.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Info Terbaru

Entri Populer

Followers

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
Support : Sanha | Toko RPP | Info Kampus Indoneia
Copyright © 2013. Info Kampus Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger