Info CPNS | SNMPTN | Sertifikasi | Lowongan Kerja

7 Hal Yang Harus Dipahami Guru Sebelum Mengajar

7 Hal Yang Harus Dipahami Guru Sebelum Mengajar - Menjadi Guru tentunya tidak semudah yang dibayangkan, karena Guru adalah panustan siswa. Nah untuk menjadi guru yang profesional maka Mengajar itu tidak hanya fokus pada pembelajaran saja, namun ada langkah-langkah atau point-point penting sebelum mengajar. Dan langkah-langkah ini yang kebanyakan bisa menjadikan kita menjadi Guru yang profesional. Adalah seorang John Milthon Gregory, penulis buku "Tujuh Hukum Mengajar". Buku ini tampaknya perlu dibaca oleh guru dan calon guru sebelum mereka mengajar. Berikut adalah ringakasan dari kejutuh hal yang harus diperhatikan guru tersebut


  1. Siapkan bahan pengajaran dengan mempelajarinya berulang-ulang. Jangan mengandalkan pada apa yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Karena apa yang telah kita pelajari barangkali sudah tidak tersimpan dalam ingatan kita alias lupa. Maka menyiapkan bahan pelajaran dengan baik pastilah akan membantu seseorang dalam mengajar
  2. Berusahalah mengaitkan tiap bagian dalam bahan pengajaran tersebut. Buatlah bahan yang sistematis. Umumnya tiap bagian dalam pelajaran selalu dimulai dengan pengertian-pengertian dasar yang sederhana baru ke tingkat pengertian yang tinggi. Mempelajari urutan logis bahan pelajaran dan menyusunnya menjadi sistematis tentulah akan sangat membantu dalam pengajaran.
  3. Temukanlah analogi atau ilustrasi untuk mempermudah penjelasan fakta-fakta dan prinsip-prinsip yang sulit dimengerti oleh siswa. Khususnya prinsip-prinsip abstrak.
  4. Koneksikan/hubungkan hal yang diajarkan dengan kenyataan sehari-hari yang dialami siswa. Hubungan dengan kehidupan konkrit siswa inilah yang akan membantu siswa memahmi hal yang akan diajarkan.
  5. Gunakan sebanyak mungkin sumber referensi berupa buku-buku atau bahan-bahan yang sesuai, tetapi pahami dahulu sebaik-baiknya sebelum menyampaikan kepada siswa.
  6. Belajar sedikit tetapi mendalam jauh lebih baik daripada belajar banyak tetapi tahu sedikit. Untuk itu, ajari siswa hal-hal yang penting tetapi mendalam daripada mengetahui banyak, tetapi kurang mendalam.
  7. Carilah waktu khusus sebelum berdiri di depan kelas. Persiapan yang mantap, membuat guru percaya diri dan penguasaan materi tidak diragukan lagi.



@



0 comments:

Poskan Komentar - Kembali ke Konten

7 Hal Yang Harus Dipahami Guru Sebelum Mengajar