Home » » Pengertian Bahasa Pemrograman

Pengertian Bahasa Pemrograman

Pengertian Bahasa Pemrograman - Pernahkah anda mendengar bahasa yang digunakan dalam bahasa komputer??mungkin anda semua pernah mendengar, membaca atau bahkan pernah menulisnya. Bagi yang masih awam alangkah bainya untuk menyimak bacaan berikut ini :

Bahasa komputer atau yang lebih dikenal dengan nama bahasa pemrograman (programming language) merupakan software yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer, yang dibagi menjadi tiga level bahasa yaitu bahasa tingkat rendah (low level language), bahasa tingkat menengah (Middle level language) dan bahasa tingkat tinggi (high level language).

Bahasa Pemrograman

Sejarah Singkat Bahasa Komputer

Berdasarkan catatan sejarah, bahasa komputer mulai dikenal dan dikembangkan orang sejak penemuan komputer digital, yaitu sekitar tahun 1940-an. Pada akhir 1950-an bahasa komputer yang termasuk assembly language mulai dikembangkan seiring dengan munculnya komputer-komputer untuk keperluan komersil.

Salah satu bahasa komputer yang termasuk bahasa komputer pertama adalah Fortran (singkatan dari formula translation). Bahasa komputer ini dibuat oleh John Backus sekitar awal 1950-an hingga awal 1960-an.

Setelah itu, beberapa bahasa komputer lain dengan berbagai penyempurnaan mulai banyak dikembangkan, misalnya COBOL (Common Business Oriented Language) yang dibuat oleh Grace Hopper, LISP (singkatan dari List Processing) yang dibuat oleh John McCarthy.

Di akhir 1960-an, muncul bahasa komputer yang dikenal dengan SIMULA dan selama kurun waktu 1970-an perkembangan bahasa komputer semakin pesat. Pada saat itu beberapa bahasa komputer yang terkenal antara lain ALGOL, BASIC, PASCAL, C, dan Ada.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa komputer juga turut mengalami perkembangan dengan pesat, sehingga bahasa komputer yang ada sekarang ini, seperti JAVA, C++, Visual Basic, Delphi, SQL dan bahasa-bahasa komputer lainnya dapat digunakan dengan mudah oleh programer.





Bahasa pemrograman menggunakan bahasa atau kata-kata unik yang menjadi kode untuk menjalankan perintah tertentu pada komputer.

Contoh bahasa pemrograman antara lain adalah Turbo Pascal, Fortran, Clipper, dBase, Delphi, Visual Basic, Cobol, Turbo C++, dan lain-lain. Bahasa pemrograman memuat serangkaian perintah yang membentuk software tertentu.

Pada dasarnya, CPU komputer mempunyai sejumlah perintah terbatas yang dikenal dengan kode mesin (machine code). Kode mesin inilah yang berperan sebagai bahasa untuk mengkomunikasikan data komputer. Dalam hal ini, CPU hanya dapat memahami bahasa mesin tersebut dan tidak dengan bahasa lainnya.

Oleh karena itu, untuk dapat digunakan merancang sebuah program komputer yang dapat dioleh oleh CPU, semua bahasa pemrograman pada prinsipnya harus diubah menjadi kode-kode mesin terlebih dahulu.


Jenis-Jenis Bahasa Komputer

Secara garis besar, bahasa komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu machine language, assembly language, dan high-level language.

Machine language merupakan sejumlah perintah yang biasanya dinyatakan dalam bentuk bilangan biner (0 dan 1) dan berfungsi untuk memberikan informasi pada komputer tentang bagaimana memproses data.

Assembly language merupakan bahasa komputer tingkat rendah yang terdiri dari kode-kode yang membantu memori untuk “mengingat” informasi (data). Pada assembly language ini juga terdapat alamat simbolis yang berhubungan dengan perintah pada bahasa mesin (machine language).

High-level language merupakan bahasa komputer tingkat tinggi yang berisi perintah yang dirancang sehingga mendekati bahasa manusia. Bahasa komputer jenis ini lebih mudah digunakan untuk membuat program komputer tertentu. Beberapa bahasa komputer tingkat tinggi, seperti FORTRAN, COBOL, BASIC, FORTH, Pascal, C++, dan Delphi termasuk high-level language.

Para pembuat program komputer saat ini lebih banyak membuat program dengan bahasa komputer tingkat tinggi karena lebih mudah dioperasikan. Program yang dibuat dengan menggunakan bahasa komputer tingkat tinggi ini sebelum digunakan harus diterjemahkan menjadi bahasa mesin (machine language) terlebih dahulu.

Oleh karena itu, pada bahasa komputer tingkat tinggi terdapat bagian yang disebut compiler. Bagian inilah yang bertugas menerjemahkan perintah pada high-level language menjadi machine language, sehingga CPU komputer dapat mengolah data berdasarkan perintah tersebut.


Nah Sudah sedikit ada pengalaman mengenai Bahasa Pemrograman khan??atau malah bingung dengan artikel diatas..Ya tenang saja semakin anda banyak membaca artikel disini maka semakin anda banyak pengalaman dan anda akan semakin mengerti.
Itulah informasi artikel dari admin kampus-info yang bisa kami berikan pada anda semua. Semoga artikel Pengertian Bahasa Pemrograman bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan ke teman anda dengan cara share dibawah ini.
Share this article :

1 comments:

  1. Terimakasih atas artikelnya.., sangat bermanfaat :)

    BalasHapus

Info Terbaru

Entri Populer

Followers

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
 
Support : Sanha | Toko RPP | Info Kampus Indoneia
Copyright © 2013. Info Kampus Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger