Info CPNS | SNMPTN | Sertifikasi | Lowongan Kerja

Pengertian Puasa Ramadhan

Pengertian Puasa Ramadhan - Bulan Juli - Agustus 2012 merupakan bulan yang pailing suci bagi umat islam, karena bulan tersebut adalah Bulan Ramadhan. Jadi bagi warga muslim diseluruh dunia akan melaksanakan kewajiban Puasa.Kenapa harus Puasa??apa sih sebenernya puasa itu??

Puasa menurut bahasa adalah menahan. Menurut syariat islam puasa adalah suatu bentuk aktifitas ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari / fajar / hingga matahari terbenam / maghrib dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya.
Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang wajib ditegakkan oleh kaum muslim yang telah baligh. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam, yang artinya : 
“Islam adalah engkau bersaksi bahwa tiada ilah (Tuhan) yang berhak diibadahi selain Allah dan Muhammad adalah rosul-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, shaum di bulan Ramadhan dan pergi haji jika engkau mampu (mela-kukan perjalanan).” (HR. Muslim No. 8, Abu Dawud No. 4695, Tirmidzi No. 2610, Ibnu Majah No. 63 dan Nasa’i No. 5005)
Allah berfirman dalam Al-Quran :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibakan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.

Dari ayat diatas dapat disimpulkan bahwa barang siapa diantara kamu ada yang beragama islam wajiblah untuk melaksanakan puasa. dan kalimat diatas di jelaskan tujuan utama berpuasa adalah agar kita menjadi orang yang bertakwa.


@



0 comments:

Poskan Komentar - Kembali ke Konten

Pengertian Puasa Ramadhan